Jenis Karbohidrat yang Lebih Sehat dari Nasi

Beberapa Jenis Karbohidrat yang Lebih Sehat dari Nasi dan sering kita konsumsi tapi kita tidak tahu manfaat yang terkandung didalamnya untuk kesehatan tubuh seperti apa dan bagaimana respon tubuh saat kita mengkonsumsi jenis makanan tersebut.

Nasi merupakan makanan pokok sebagian besar, bahkan hampir semua masyarakat Indonesia. Meski seperti itu, bukan berarti sumber karbohidrat hanya mengandalkan nasi. Apalagi nasi putih disebut-sebut dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan. Untuk itu, mulai dari sekarang anda harus mengecek apa saja makanan yang mengandung karbohidrat yang lebih sehat dari pada nasi.

Jenis Karbohidrat yang Lebih Sehat dari Nasi

Menurut penelitian, tubuh sebaiknya mendapatkan 45-65% kalori dari karbohidrat, 20-35% dari lemak dan 10-35% dari protein. Kelebihan karbohidrat sering kali terjadi tanpa disadari. Seperti, mengkonsumsi roti tawar putih di pagi hari, makan nasi putih di siang hari dan burger pada malam hari.

Berbagai Sumber Karbohidrat yang Lebih Sehat dari Nasi

Sumber makanan yang termasuk karbohidrat baik yaitu yang lambat diserap oleh tubuh dan banyak mengandung serat. Seperti gandum utuh, biji-bijian, buah dan sayur. Ada banyak manfaat karbohidrat pada jenis yang disebutkan barusan, termasuk menurunkan beberapa jenis risiko penyakit seperti jantung, berat badan lebih terkontrol dan juga dapat mencegah kanker usus besar.

Sementara itu, karbohidrat buruk yang dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit yaitu karbohidrat dari makanan olahan dan tidak mengandung serat. Seperti, Nasi putih dan Roti Putih.

Dibawah ini, beberapa jenis makanan yang menandung Karbohidrat baik dan dapat dikonsumsi secara teratur, yaitu :

  • Jagung

Jagung yang masih dalam bentuk alaminya sangat kaya dengan serat, antioksidan, vitamin C, lutein, dan zeaxanthin. Olah jagung dengan cara direbus atau dibakar untuk mendapatkan manfaatnya.

  • Kentang

Kentang mengandung vitamin C dan kalium, serta 4 gram serat jika dikonsumsi dengan kulitnya. Selain disajikan sebagai kentang tumbuk, coba iris kentang dalam bentuk kotak-kotak kecil. Kemudian, lumuri dengan minyak zaitun dan panggang sampai matang.

  • Ubi

Satu buah ubi yang sudah dimasak dapat mengandung 18-21% karbohidrat yang terdiri dari serat, gula, dan tepung. Selain itu, ubi juga mengandung vitamin A, vitamin C, kalium dan antioksidan.

  • Kacang Polong

Kacang polong merupakan sumber serat, antioksidan, dan antiradang, serta mengandung Coumesterol yang melindungi tubuh dari kanker perut. Kamu bisa memasukan kedalam salad ataupun sup.

  • Kacang Merah

Selain tinggi protein, kacang merah juga mengandung 22% karbohidrat, mineral, dan vitamin. Tetapi hati-hati, jangan mengkonsumsi kacang merah mentah karena berisiko menyebabkan keracunan.

  • Sereal

Pilih sereal dengan gandum ututh dan yang mengandung setidaknya 3 gram serat dan maksimal 10 gram gula dalam tiap sajian.

  • Quinoa

Quinoa adalah biji-bijian bernutrisi yang setelah dimasak dapat mengandung 21,3% karbohidrat baik yang merupakan sumber serat dan protein. Kandungannya yang bebas gluten juga membuat Quinoa sering dipilih untuk dikonsumsi oleh para penderita celiac.

SERA Sehat Ramping Herbal Pelangsing Aman, Cepat, dan Dijamin Efektif

Selain itu, beberaja jenis buah juga diketahui mengandung Karbohidrat serta berbagai macam nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, seperti :

  • Pisang

Pisang kaya dengan kalium, serat, bitamin B6, dan mangan. Pisang dapat dikonsumsi secara langsung, diolah menjadi smoothies, ataupun dipadukan dengan es krim atau menjadi bahan kue.

  • Jeruk

Selain mengandung air dan serat, jeruk ternyata mengandung 11,8% karbohidrat. Selain itu, buah yang disebut sebagai sumber vitamin C, B, dan Kalium ini selain meningkatkan serapan zat besi dari makanan, ternayta juga dapat membantu menyehatkan jantung dan mencegah batu ginjal.

  • Blueberry

Disamping air, blueberry mengandung 14% karbohidrat, vitamin C, K, dan mangan, yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan dan meningkatkan daya ingat pada lansia.

  • Apel

Umumnya apel dengan aneka warna yang mengandung 13-15% karbohidrat, juga vitamin dan mineral. Mengkonsumsi apel jgua dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan mengendalikan tingkat gula darah.

Setelah anda tahu berbagai macam makanan atau sumber karbohidrat, anda dapat mulai mengganti nasi atau roti putih. Diharapkan asupan karbohidrat baik dapat mendukung kesehatan. Meskipun demikian, jika anda memiliki kondisi kesehatan khusus, sebaiknya konsultasi ke dokter sebeleum mengkonsumsi sumber karbohidrat tersebut.

Repostedby : seraherbal.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *